Selasa, 16 September 2008

Apa aja yach Media Lan ntu ??

Media LAN

Sebagai media penghubung ada beberapa jenis media yaitu secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu kabel atau wired dan nirkabel atau wireless lan.


Jenis kabel ada beberapa macam yaitu
1. Coaxial
2. UTP
3. STP
4. FDDI
5. Fiberoptic


Komponen lainnya yaitu Network Interface Card dan Hub/Switch

Kabel coaxial kini hampir sudah tidak digunakan lagi karena tidak mendukung kecepatan tinggi apalagi hingga 100MBps.

Kabel UTP atau Unshielded Twist Pair, jenis kabel yang banyak dipakai saat ini.

Kabel STP atau Shielded Twist Pair, jenis kabel yang banyak juga digunakan tetapi tidak sepopuler UTP disebabkan harga lebih mahal UTP.

Kabel FDDI atau Fiber Distributed Data Interface jaringan dipakai karena harganya mahal dan kemampaunnya sudah dapat disaingi oleh kabel UTP Category 6.

Kabel Fiber Optic banyak digunakan khususnya sebagai backbone karena dapat digunakan hingga 2 KM, kapasitas bandwidthnya besar hingga, 'mempunyai daya tahan dari noise gelombang radio atau motor yang berdekatan dengan kabel.

Untuk media jaringan dirumah anda cukup gunakan kabel UTP. Pada kedua ujung kabel UTP ini digunakan konektor RJ 45 yang juga relatif murah.

Susunan kabel secara straight menurut standard T586B sebagai berikut:
Kedua susunan konektor sama yaitu :Putih orange - Orange, Putih hijau - Hijau, Putih biru - Biru, Putih coklat - Coklat.

Susunan kabel demikian digunakan untuk kecepatan koneksi 10 dan 100MBps. Kabel ini digunakan untuk hubungan dari komputer ke hub, sedang untuk hubungan dari komputer ke komputer susunan kabel berubah.

Kabel cross menurut standarisasi T586 adalah sebagai berikut:
- untuk konektor yg pertama : Putih orange - Orange, Putih hijau - Hijau, Putih biru - Biru, Putih coklat - Coklat.

Pada konektor 2 untuk urutan 1, 2, 3 dan 6 disilang. Dimana pada pin 1 dan 2 merupakan pin untuk transmit data dan pin 3 dan 6 merupakan pin untuk received data

Tidak ada komentar: